• Breaking News

    Jangan lupa Follow terus blog ini yah gan

    Objek Pada Java

    Semua aspek dalam pemrograman Java dapat kita anggap sebagai objek, terkecuali tipe data primitif karena semua library dan objek dalam java memiliki akar awal class java.lang.object. Object adalah sebuah entity yang memilki keadaan, behavior, dan identitas yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik. Object dapat juga disebut suatu instans (instance). Instance adalah proses pembuatan (perwujudan) suatu kelas menjadi objek. Dalam pembuatan suatu kelas, kita hanya membuat pendefinisian tipe data baru. Ada 2 tahap untuk membuat objek baru dari tipe kelas yang telah didefinisikan, yaitu :
    Tahap 1 : mendeklarasikan variabel yang digunakan sebagai referensi ke objek dari kelas yang bersangkutan.
    Tahap 2 : Menginstansiasi (instans) kelas dengan menggunakan kata kunci new dan memasukkan instanc – nya ke dalam referensi yang baru dideklarasikan.
    Class yang menggunakan kata kunci new secara dinamis akan mengalokasikan ruang memori untuk menyimpan suatu objek tertentu dan mengembalikan nilai berupa referensi ke objek yang bersangkutan. Referensi objek adalah sebuah alamat memori dari objek yang dialokasikan dengan menggunakan operator new. Misalnya, menghitung luas persegi dengan rumus : luas = panjang x lebar.
    Contoh program :
    class persegi{
    int lebar;
    int panjang;
    }
    class luaspersegi{
    public static void main(String[]args){
    double luas;
    persegi p=new persegi();
    p.panjang = 10;
    p.lebar = 3;
    luas = p.panjang*p.lebar;
    System.out.println("Luas Persegi : "+luas);
    }
    }

    Potongan program tersebut dibuat dalam 1 file dengan nama file luaspersegi.java. Alasannya, karena pada file tersebut dijumpai metode main(). Persegi adalah class sedangkan p adalah objek atau instance.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728