• Breaking News

    Jangan lupa Follow terus blog ini yah gan

    kerusakan umum pada komputer

    TROUBLE SHOOTING PROCESSOR

    Processor berfungsi sebagai pusat pengeksekusi setiap tugas atau perintah dalam system computer. Berbagai masalah kerusakan PC dapat ditimbulkan dari processor. Dibawah adalah beberapa masalah yang ditimbulkan atau disebabkan oleh processor serta dilengkapi dengan cara penanganannya.

    Processor Cepat Panas

    Processor yang anda miliki terlalu cepat panas, hal ini anda ketahui setelah melihat suhu processor dari BIOS atau software untuk melihat suhu processor. Karena terlalu panas sehingga menyebabkan hang atau reboot.

    Penanganannya adalah :

    • Pastikan heatsink fan (pendingin) anda masih berfungsi dengan baik, pastikan bahwa heatsink yang anda miliki kualitas bagus.
    • Berikan thermal paste di atas permukaan chip processor, hal ini digunaka untuk menjaga suhu processor.

    Processor Baru Tidak Terdeteksi

    Speed processor yand ada pada BIOS saat booting pertama kalitidak sama dengan speed processr sebenarnya.

    Penanganannya adalah :

    • Pastikan processor sudah tepasng sudah terpasang dengan tepat di slot processor.
    • Cek setting motherboard. Apakah jumper – jumper yang ada terpasang dengan benar. Hal ini dapat anda lihat pada buku manual motherboard dan processor. Jangan pernah mencoba mengubah posisi jamper tanpa mengetahui kegunaan dan bagaimana setting yang benar.

    TROUBLESHOOTING MEMORY / RAM

    Memory yang berguna untuk membantu processor dalam meningkatkan kinerja, kadang – kadang tidak sesuai harapan. Biasanya hal ini terjadi jika anda memakai 2 keping memory atau menambah memory baru, masalah yang sering muncul pada memory. Dibawah ini saya akan membahas masalah yg di timbulkan oleh memory.

    Menambah RAM Malah Sering Hang.

    Maksudnya ingin menambah memory / RAM agar kinerja PC menjadi lebih baik

    Penanganannya adalah :

    • Coba dulu dengan memasang memory ke slot yang berbeda.
    • Cari tahu apakah merek RAM tersebut berasal dari produsen yang sama. Jika tidak hal ini pada sebagian motherboard memang menjadi masalah, merek dan kecepatan yang sama.
    • Kemudian lepaskan salah satu RAM dari slotnya, jika setelah dilepas computer sudah tidak hang lagi , maka analisys yand utama diatas benar.
    • Tapi jika masih sering hang kemungkinan ada kerusakan di RAM atau slot memory.
    • Anda bisa tukar tambah salah satu RAM diatasagar 2 keping RAM tersebut memiliki kapasitas, merek dan kecepatan yang sama, untuk lebih jelas tentang sampai berapa kapasitas dan kecepatan RAM yang bisa dipegang anda bisa baca buku manual motherboard.

    Menambah RAM tidak terdeteksi

    RAM yang semula 64 MB ditambah 64MB lagi tetapi pada saat proses booting hanyahanya terdeteksi 64 MB

    Penanganannya adalah :

    • Lakukan langkah – langkah seperti penangana kasus kasus disita.
    • Kemungkkinan jenis RAM berbeda, karma belum tentu RAM ada yang masuk pada slot yang sama dan memmiliki jenis yang sama.

    MONITOR TIDAK ADA WARNANYA / GELAP

    Computer bisa booting dan tidak ada bunyi beep tetapi monitor tetap gelap / blank. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal mulai dari monitor sampai ke virus.

    Penanganannya adalah :

    · Cek apakah monitor sudah tershubung dengan VGA card. Jika belum terhubung segera hubungkan.

    · Cek apakah kabel power monitor sudah terpasang ke listrik, kemudian cek juga apakah kabel tersebut tidak rusak. Jika belum segera hubungkan dan jika rusak segera ganti.

    · Cek apakah monitor sudah anda hidupkan. Jika belum hidupkan dulu.

    · Cak setting warna RGB, contrast, brightness, pada monitor sudah benar atau belum. Jika belum benahi dulu.

    · Jika virus yang menyebabkan hal itu, coba tes dahulu monitor ke computer lain, jika monitor berfungsi dengan normal berarti system anda terkenavirus. Anda bisa menghilangkan virus dengan anti virus atau install ulang system operasi.

    · Jika hal – hal diatas belum bisa menyelesaikan masalah kemungkinan ada kerusakan monitor. Sebaiknya anda bawa monitor ke teknisi monitor terpercaya.

    Computer tidak hidup (tidak ada power)

    Pada waktu menghidupkan computer dan tombol power telah ditekan tetapi computer tidak hidup dan indicator led power tidak menyala. Hal ini bisa disebabkan oleh:

    - kabel listrik tidak terpasang dengan benar.

    - Kabel listrik ada yang rusak.

    - Power supply rusak.

    - Kerusakan di stabilizer atau ups.

    Penanganannya adalah:

    - Cek kembali semua koneksi kabel. Jika terlihat kabel belum terpasang dengan benar, maka pasang kembali dengan benar.

    - Cek apakah kabel yang digunakan ada yang rusak atau tidak, jika ada yang rusak ganti dengan yang baru.

    - Cek power supply, biasanya jika power supply mati kipasnya juga akan mati, tapi untuk lebih jelasnya anda bisa mengecek dengan menghubungkan kabel warna hijau dengan kabel warna abu – abu, jika kipas tidak menyala berarti power supply mengalami kerusakan. Ganti power supply atau bawa power supply ke teknisi computer untuk diperbaiki.

    - Jika anda menggunakan stabilizer atau ups periksa kembali apakah kedua alat ini masih berfungsi dengan baik.

    - Jika penanganan diatas tidak berhasil, mungkin ada kerusakan pada mother board. Sebaiknya anda bawa ke teknisi yang terpercaya.

    TROUBLESHOOTING UMUM PADA PC

    Sebagai pengguna PC mingkin anda sudah mengalami hal ini, dimana PC tidak mau booting dan malah mengeluarkan bunyi beep. Jangan kaget, dan jangan panic. Nich saya kasih sedikit cara memperbaikinya.

    Tanda Beep

    Masalah

    Beep 1 kali

    Tak ada masalah computer baik

    Beep 1 kali, panjang

    Terdapat masalah di memory

    Beep 1 kali, panjang dan 3 kali pendek

    Terdapat masalah di bagian VGA card

    Beep 1 kali, panjang dan 2 kali pendek

    Terdapat masalah di DRAM parity

    Beep terus menerus

    Terdapat masalah di modul memory atau video

    Setelah mengetahui berapa kali bunyi beep yang ditimbulkan anda kini sudah mengetahui penyebabnya. Tapi untuk beep no 4 dan no 5, mungkin anda harus membawanya ke teknisi computer. Kalau bunyi beep no 2 dan no 3 pada umumnya masih bisa kita tangani sendiri. Kita akan membahas cara penanganannya.

    1. matikan computer dan cabut semua kabel yang terpasang atau terhubung dengan CPU. Bawa ke tempat yang terang dan nyaman agar dalam melakukan pekerjaan bisa lebih tenang.
    2. Beep yang anda dengar adalah no 2, maka ada masalah dengan memory. Anda perlu mengecek kartu memory apakah sudah tertancap dengan benar di slotnya atau belum, jika belum cabut kartu dan tancapkan kembali dengan benar. Pastikan juga memory anda tidak cacat secara fisik / rusak.
    3. Beep yang anda dengar adalah no 3, maka ada masalah denga VGA card. Sama seperti penanganan memory anda harus memastikan VGA card tertancap pada slotnya dengan benar.
    4. jika hal diatas tidak dapat menangani masalah, coba anda pindahkan memory ke slot lainnya. Tapi jika tidak bisa kemungkinan slotnya rusak.
    5. bisa juga denga mencoba membersihkan kuningan pin memory (RAM) dengan menggunakan hapusan pensil. Gosokkan saja sampai warnanya agak keemasan dan kita anggap cukup bersih, lalu coba pasang kembali.
    6. anda sudah mengusahakan seperti kelima hal diatas tapi tidak menyelesaikan masalah juga. Sebaiknya anda bawa ke teknisi computer yang terpercaya.

    Kode beep yang dimaksud diatas berjalan pada BIOS model AWARD. Tentu kode beep pada tiap merek tidak selalu sama tetapi hal ini adalah cara yang mudah untuk mengetahui masalah yang sering terjadi.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728