Cara menyolder komponen elektronika

Sabtu, 29 Oktober 2011

Solder menyolder komponen elektronika merupakan kegiatan rutin para teknisi elektronika. Bagi mereka kegiatan tersebut sudah sangat mudah. Tetapi bagi pemula seperti saya tentunya menyoder merupakan barang yang susah. Banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi ketika saya menyoder komponen elektronika. Nah, dari pengalaman tersebut, saya akan sedikit sharing tentang cara yang benar (menurut versi saya tentunya) dalam menyoder komponen elektronika tadi agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan paling bagus.
Memang tidak bisa dipungkiri, kalo hanya menyonder saja mungkin semua orang bisa, tetapi jika menginginkan hasil yang maksimal tentunya dibutuhkan trik yang bagus pula. Berikut cara menyoder agar hasil yang didapat bagus (bagus dari segi penyoderannya dan bagus terhadap efek komponen yang disolder) :
  1. Gunakan solder dengan daya rendah (30-40 watt) dengan ujung yang runcing.
  2. Gunakan tinol dengan diameter paling kecil dan kualitas yang bagus
  3. Jika perlu siapkan pula gondorukemnya guna lebih merekatkan hasil solderan komponen ke PCB
  4. Solderlah dengan hati-hati setiap kaki-kaki komponen eketronika, jangan sampai mengenai kaki komponen yang lain
  5. Usakan sesuaikan besarnya solderan tinol dengan komponen yang disolder. Jika komponennya kecil, maka titik soderannya juga harus kecil, begitu juga sebaliknya
  6. Jangan terlalu lama menempelkan mata solder ke kaki komponen elektronika. Maksimal 10 detik saja. Panas yang berlebihan akan lebih cepat merusak komponen elektronika, terutama komponen transistor dan IC
  7. Gunakan solder jika sudah siap digunakan (panas sudah tercapai untuk melelehkan tinol) dengan cara mencoba menempelkan tinol ke mata solder, jika bisa langsung meleleh berarti sudah siap. Jadi jangan mencoba menyoder tetapi panasnya belum maksimal, karena hanya akan membutuhkan waktu terlalu lama, dan tentunya akan menyebabkan panas yang berlebihan.
  8. Jika melakukan solder ulang, lebih baik bersihkan terlebih dahulu bekas soderan yang lama, baru lakukan soder ulang kembali.
  9. Jangan menekan ujung solder secara kerlebihan, baik ke kaki komponen maupun ke PCB, karena hanya akan merusak bagian yang tertekan secara berlebihan, cukup ditempelkan saja.
Sumber : http://sobatpc.com/cara-dan-teknik-dalam-menyolder-komponen-eketronika/

1 komentar:

Anonim mengatakan...

woo yayaya, mbahh mbah

Poskan Komentar

Blog Archive

perkiraaan cuaca

bloguez.com